9 Langkah Rahasia Lengkap Para Blogger Sukses

9 Langkah Rahasia Lengkap Para Blogger Sukses

 

Perkembangan Internet, semakin hari semakin bertambah pesat. Perdagangan dan kerja-kerja yang biasa dilakukan di dunia nyata (offline) pun seolah semakin beralih ke dunia maya (online).

Berdasarkan data Kompas.com, Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter di Indonesia sendiri mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Pada tahun 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia mencapai 112 juta orang. Keenam negara pengguna terbesar pengguna internet tersebut yaitu Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil, Jepang, dan Indonesia.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan.

Salah satu bagian dari Internet, selain media social yang mengalami peningkatan tajam yaitu pembuatan website baik yang bebayar atau gratis. Dalam artikel ini, akan dibahas 9 langkah rahasia lengkap dalam membuat blog hingga menghasilkan pendapatan besar dari blog. 9 rahasia langkah tersebut yaitu

Langkah 1: Menyiapkan Blog Anda

Sebelum memulai lebih panjang, bayangkan dulu, sebuah kehidupan di mana Anda dibayar untuk menulis tentang segala sesuatu yang menarik minat Anda, kapan pun Anda mau, dan dimanapun Anda berada.

Pada artikel ini, kita akan melihat profitabilitas sebuah blog dan membuat blog kita sendiri tanpa biaya apapun! Tertarik? Baca selengkapnya sampai selesai!

Dalam menyiapkan blog, Anda bisa mendapatkan blog secara gratis melalui www.blogger.com atau www.wordpress.com lalu ikuti petunjuk pendaftarannya, cukup dengan mengisi data-data yang telah Anda miliki.

Bagian 2 – Konten Blog

Setelah Anda punya blog, yang perlu Anda mengerti bahwa tidak ada ruang lingkup tertentu yang seharusnya dimiliki blog, yang berarti Anda dapat menulis tentang apa pun yang Anda minati.

Jadi, untuk menarik lebih banyak pengunjung dan juga agar pengunjung tetap datang kembali, yaitu langkah pertama, ibaratkan tulisan kamu bisa ngajak pengunjung berbicara/ngobrol santai dengan teman kamu, sehingga membuat mereka merasa nyaman.

Selain itu, miliki kepribadian khas di blog Anda dan bangun branding diri anda. Ini sangat mirip dengan membuat nama merek Anda sendiri, di mana orang segera mengingat nama blog Anda ketika mereka perlu mengetahui informasi yang ada hubungannya dengan blog Anda.

Bagian 3 – Brainstorming Konten Blog

Ingat blog Anda perlu diperbarui secara berkala untuk mempertahankan pembacanya! Sehingga, Anda harus selalu menemukan topik segar untuk ditulis.

Setidaknya jika bisa posting sekali per hari, maka mesin pencari utama seperti google, akan mengetahui bahwa blog Anda memiliki konten segar setiap hari. Ini akan menarik mesin pencari untuk menuju ke link halaman blog Anda secara lebih sering, sehingga mendapatkan lalu lintas (traffic) secara ekstra ke blog Anda.

Bagian 4 – On Page Search Engine Optimization

Sekali lagi, mohon diperhatikan betapapun bagusnya konten Anda, jika tidak ada yang membacanya, Anda tidak bisa menghasilkan keuntungan darinya. Lalu lintas (traffic) adalah sumber kehidupan blog Anda. Untuk menarik orang, Anda harus menawarkan informasi yang juga menarik.

Seni mendapatkan blog atau situs Anda ke peringkat tinggi di halaman hasil pencarian disebut optimasi mesin pencari atau disebut SEO (Search Engine Optimation).

SEO ini meliputi kata kunci (keyword) yang sering digunakan, jadi anda bisa mengeceknya melalui google keyword planner, google search, dan lainnya.

Bagian 5 – Offpage Search Engine Optimization

Sekarang, kita beralih ke optimasi mesin pencari offpage. Artinya, faktor yang tidak ada di blog Anda namun sangat mempengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Ada banyak faktor offpage, tapi kita harus mempelajarinya satu per satu. Yang pertama dan yang paling jelas adalah jumlah link ke blog Anda.

Selain itu, untuk mengukur tingkat popularitas blog kita bisa menggunakan Google PageRank. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hal ini di http://www.google.com/technology/. Yang menarik adalah semakin tinggi PageRank dari situs tertentu, robot Google lebih sering akan mengunjungi website Anda untuk mengindeksnya.

Tentu saja, PageRank dari sebuah halaman juga akan membantu untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari Google. Singkatnya, memiliki PageRank yang tinggi akan membawa Anda mendapat banyak manfaat darinya.

Bagian 6 – Mendatangkan Traffic Lebih Banyak

Salah satu metode alternatif yang digunakan untuk mendapat traffic secara banyak yaitu dengan menggunakan direktori artikel. Direktori artikel ini seperti agregator yang mengumpulkan artikel dengan tema serupa di satu tempat, sehingga mereka menerima ribuan pengunjung berkualitas setiap hari.

Disamping itu, Anda bisa melakukan blogwalking yaitu Anda dapat mengirim komentar mendalam di blog orang lain dan secara halus menyertakan tautan balik ke blog Anda. Anda bisa membuatnya tampak seperti Anda menunjuk ke blog Anda sebagai referensi tambahan untuk subjek diskusi.

Bagian 7 – Mendapatkan Uang dari Blog

Ketika Anda telah bekerja keras untuk menghasilkan konten asli yang berkualitas baik di blog Anda dan Anda telah menarik jumlah lalu lintas yang layak dengan melakukannya. Namun perlu diingat, uang tidak akan keluar dari udara tipis hanya karena Anda memiliki lalu lintas. Anda harus mengubah lalu lintas menjadi uang.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan keuntungan dari pengunjung blog Anda, salah satunya yaitu program Adsense Google yang memungkinkan Anda melakukannya dengan mudah yaitu cukup hanya menjadi publisher dari iklan google. Pertama, kunjungi situs web mereka di http://adsense.google.com/. Mengenai penempatan iklan, bisa klik link https://www.google.com/support/adsense/bin/static.py?page=tips.html

Dengan semakin besar kemungkinan seseorang melihat iklan yang di pasang dalam blog Anda, maka semakin besar, orang tersebut mengklik dan akhirnya semakin besar pula pendapatan uang yang dibayarkan ke akun google adsense Anda.

Bagian 8 – Memperbesar Penghasilan di Blog

Salah satu cara untuk memperbesar penghasilan blog yaitu melakukan program pemasaran afiliasi (Affiliate Marketing) yaitu suatu program dimana Anda menawarkan atau mempromosikan produk orang lain atau yang ada di Marketplace, dan Anda akan mendapatkan komisi ketika produk tadi terjual melalui link affiliate Anda.

Disamping itu, Anda bisa menjual ruang iklan di blog Anda jika blog Anda benar-benar populer. Jika Anda berhasil menarik lalu lintas dalam jumlah besar seperti blog itu, Anda pasti bisa membuat orang membeli ruang iklan di blog Anda, Semakin banyak pengunjungnya, maka semakin mahal pula harga yang bisa Anda terapkan.

Bagian 9 – Interaksi Antar Blogger

Terakhir yaitu tetap menjalankan interaksi antar sesama blogger. Hal inilah yang biasanya dilakukan oleh para blogger sukses, dalam dunia digital. Melalui interaksi ini Anda dapat menjalin komunikasi dan membuka peluang untuk saling kolaborasi kedepannya, baik untuk menawarkan produk, membuat template, berbagi artikel, bahkan menjual aneka produk digital lainnya.

Selain mendapat penghasilan dari ini, yang terpenting adalah Anda bisa bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *